Rabu, 05 Agustus 2015

Ber IMAN



Buku Harianku
Ada banyak hal yang aku alami dalam hidup yang tidak mungkin aku tuliskan. Setiap hari, setiap jam bahkan setiap detikpun ada banyak pelajaran yang bisa aku ambil. Kalau dulu aku pernah mendengar bahwa orang tua adalah orang yang sudah banyak makan asam garam, ternyata betul kiranya. Semakin banyak hari yang aku alami, semakin banyak juga Allah memberi pelajaran hidup dan semoga diriku bisa semakin bijak Ya Allah.

Jum’at, 12 Pebruari 2015
Hari ini bersama waka kesiswaan mengikuti rapat persiapan penampilan drumb band MAN Gresik dalam rangka HUT Kab Gresik yg ke 528 dikantor PDTI. Tidak boleh menyatakan tidak sanggup untuk sebuah kepercayaan, meskipun tidak yakin mampu, tapi jika kita bertekad untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, maka Allah akan memberi kemudahan. Yakin !

Sabtu, 14 Pebruari 2015
Mendampingi  anak2 dalam KSM sewilker Surabaya di UIN Maliki Malang. Alhamdulillah banyak anak-anakku yang masuk dalam semifinal, tapi dari mereka hanya beberapa yang berhasil mendapatkan juara. Wajah kesedihan bahkan air mata ada diwajah-wajah mereka ketika bis bergerak pulang.
Anakku, yakinlah doamu untuk menjadi juara dan usahamu belajar dengan keras tidak sia-sia dimata Allah. Allah punya rahasia yang lebih indah dan Allah akan mengabulkan doa2 kalian jika memang sudah waktunya. Allah akan memberi kebahagiaan atas apa yang kalian lakukan hari ini melibihi permintaanmu. Allah sudah berjanji akan mengangkat derajat orang yang berilmu, jadi .... kita  hanya bisa mentarget usaha kita, tapi untuk hasil kita biarlah itu menjadi targetnya Allah.
Oh ya ... pada saat olimpiade berlangsung, aku dan teman2 guru yang lain mengikuti seminar, Alhamdulillah bisa mendengarkan sambutan dari rektor UIN Bapak Muji Raharjo yang mengandung pelajaran yang luar biasa, ada beberapa hal yang masih bisa aku ingat.
1.     Nikmat hidup yang luar biasa adalah nikmat Kesehatan dan kesempatan, dan dengan kedua nikmat tersebut semoga kita bisa melalui hari-hari dengan penuh keberkahan.
2.     Saat ini ada sekitar 1,5 Milyar penduduk dunia dan hanya 200 juta penduduk yang muslim, dari jumlah umat muslim yang ada masih belum banyak berperan dalam ekonomi dan politik dunia. Apalagi potret penduduk muslim di Indonesia yang masih terlilit masalah Kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan. Satu hal pasti yang bisa memutus mata rantai lilitan tersebut bukan dengan adanya bantuan-bantuan dari negara-negara kaya, tapi dengan PENDIDIKAN.
3.     Negara Indonesia selama ini merupakan negara yang sangat potensial untuk pemasaran2 barang hasil industri dari negara maju, karna penduduknya banyak dan budaya konsumerisme yang tinggi. Tapi Indonesia tidak potensial dalam persaingan sumber daya manusia, padahal menurut negara Rusia jika saat ini negara-negara ingin belajar Islam, tidak lagi belajar ke wilayah Timur tengah karna disana Islam yang fundamental dan keras, tapi belajar Islam di Indonesia yang moderat, bisa diterima oleh siapapun dan dimanapun, makanya beliau bilang UIN Malang dan UIN Jakarta bertekad akan menyiapkan SDM yang berkualitas dan memiliki tingkat keilmuan agama yang kuat. SDM yang mampu menjaga Al-Qur’an, SDM yang senantiasa berdzikir dan berfikir untuk menjadi ahli kedokteran, ahli lingkungan dan ahli2 yang lain. Subhanallah, mudahkanlah hajat beliau Ya Allah.
4.     Di UIN malang terdapat banyak makhad untuk mahasiswa, jika mahasiswa berada dalam makhad maka orang tua mahasiswa sudah seharusnya bersyukur karna dengan berada di makhad, maka mahasiswa akan terjaga sholatnya, kajian-kajian Al-Qur’annya.
Alhamdulillah tempatku bekerja juga terdapat makhad, berarti MAN Gresik telah juga berperan menyiapkan generasi-generasi muda yang mampu menjaga Al-Qur’an dan senantiasa berdzikir dan berfikir untuk menjadi generasi muslim kuat yang menguasai dunia.
Aku sering berfikir, kenapa  ya banyak  wali siswa2ku yang dengan mudahnya menempatkan anak2nya di kos-kosan. Bukankah jika anak dikos dan usia mereka masih dibawah 18 tahun kira2 bisa tidak ya mereka menjaga sholat lima waktunya, menjaga istiqomah membaca Al-Qur’annya. Subhanallah .... padahal jika mereka berada di makhad atau pondok maka anak akan terbiasa dengan sholat berjamaah, kajian Al-Qur’an bersama.
Terimaasih Ya Allah hari ini kau berikan aku kesempatan bertemu orang2 yang luar biasa, terimakasih Bapak rektor UIN.

Kamis, 19 Pebruari 2015
Hari ini tanggal merah, hari yang aku tunggu2 karna tanggal merah bagiku adalah hari untuk anak2ku. Tapi aku hari ini harus mendampingi santri makhad yang melaksanakan ziarah wali2 di Pulau Madura.
Maafkan ibu anakku, karna tiap hari ibu dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore tidak menemani kalian bermain, bercanda, bermanja. Ibu harus melaksanakan tugas mendampingi siswa2 ibu. Meskipun selama ini ibu tidak disisi kalian, yakinlah doa ibu, kasih sayang ibu selalu menyertai kalian. Ya Allah, mudahkan dan jadikan hatiku ikhlas menjalani tugas2ku membentuk generasi muda yang berkulitas dengan ilmu dan iman meski dengan segala keterbatasan ilmuku, Ya Allah.
Meskipun kadang sakit, lelah, kecewa, sedih melanda ketika melaksanakan tugas, buatlah hatiku tetap kuat bertahan dan jika kebaikan yang aku lakukan, berikanlah balasannya pada anak2ku berupa kemudahan dalam mencari ilmuMu dan tetap istiqomah dalam jalan kebaikanMu.

Senin, 23 Pebruari 2015
Aku jadi panitia UTS dan UAS, sesuai job  yang ada, aku bertugas dipendopo mengawasi anak2 yang terlambat dan harus mengerjakan tugas dipendopo. Tiba-tiba datanglah seorang ibu yang ternyata dari desa Wadeng hanya untuk mengantarkan uang saku anaknya yang ketinggalan. Ibu itu  khawatir jika nanti anaknya tidak bisa jajan dikantin dan beli bensin jika uang sakunya ketinggalan. Luar biasa kasih sayang ibu itu bagiku. Tapi .... setelah aku tahu siapa anaknya ... Subhanallah, sedikit bentuk kasih sayang yang aku tahu, membuat aku sangat terharu karna aku sebagai gurunya melihat sikap, prilaku dan kemampuan akademis si anak yang bernama FZFS  kelas XII IPS masih jauh dari harapan ibu tentunya.
Setiap anak pasti tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat orang tua bangga dan apa yang harus tidak dilakukan agar hati orang tua tidak sedih dan kecewa. Doaku : Ya Allah semoga kasih sayang ibu itu yang aku tahu, bisa membuat sianak berubah. Karna aku tahu  Ya Allah Kau pemilik hati hati sianak dan Kau juga yang mampu mengubahnya.

Kamis, 09 April 2015
Tuhan ... hari ini aku rapuh, aku terluka, aku sangat tersiksa, aku merasa sangat tidak berharga. Ampuni aku Ya Allah, rasa yang ada saat ini, mungkin karena penyakit hatiku yang kurang bisa ikhlas dalam melaksanakan tugas. Tapi biarlah Ya Allah aku menjerit, aku menangis karna Kau yang sangat tahu hatiku, sangat tahu perasaanku dan sangat menyayangiku.
Diatas mobil len menuju tempat aku harus menghadiri sebuah rapat, untuk menghibur hatiku aku menuliskan kesedihanku pada anakku lewat WA karna Dia tempat curhat terbaikku setelah Tuhanku.
Ternyata ... kalimat balasan WA anakku membuatku sangat malu :
He ...he...he.... i do too ibuuuuuuuk
Aku berusaha beneran cari ilmu. Tp yang lain hanya nyontek dn dpt IP yg gak jauh beda. Tpi itu kan dimata manusia, bagaimana dimata ALLAH?
Percuma ngeluh, dapat capek tok ! mending ikhlas dapat pahala !

Subhanallah .... terimakasih Ya Allah, kau berikan padaKU “teman” yang yang bisa menghiburku.

Senin, 13 April 2015
Hari ini aku bertugas menjadi Korwas di ujian nasional, setelah tugas-tugasku selesai iseng aku membuka WA group Mangres yang dibuat oleh Pak Muadz, ada kiriman gambar dari temanku  yang isinya :


Semoga  siswa-siswaku menjalani UN dengan penuh semangat belajar sungguh-sungguh dan penuh kejujuran  Ya Allah.
Sedikit catatan yang semoga bisa bermanfaat.
Oleh : Guru Ekonomi XII IPS




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI SANTRI BARU MA'HAD AL-HIKMAH MAN 1 GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Berdasarkan seleksi administrasi dan nilai portofolio dalam seleksi santri baru Ma’had Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2020-2021, maka yang di nya...