Senin, 02 November 2015

Laporan Waka Humas MAN 1 Gresik



                                          KATA PENGANTAR        




Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahnya sehingga laporan kegiatan  Wakil Kepala HUMAS Periode 07 Agustus – 09 September 2015 dapat tersusun dengan baik dan lancar tanpa ada halangan apapun. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Rosulullah Muhammad SAW.

Laporan ini kami susun untuk mengetahui sampai dimana dan apa saja  kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Wakil Kepala HUMAS Periode 07 Agustus – 09 September 2015 dan sebagai bahan pertimbangan pada kegiatan Waka HUMAS  pada periode selanjutnya.

Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu kami dengan rendah hati mengharap saran, nasehat, masukan dan kritikan yang sifatnya membangun demi kebaikan program Waka HUMAS pada periode selanjutnya

Kami sebagai Waka HUMAS  menyadari bahwa semua kegiatan Waka HUMAS yang sudah terencana tidak akan dapat terlaksana dengan baik  jika tanpa dukungan dari berbagai pihak yang tidak mungkin dapat kami sebutkan satu persatu. Kami selaku Waka HUMAS hanya bisa mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya semoga Allah yang membalas segala kebaikan dan selalu melindungi , mempermudah dan memberikan keberkahan pada apapun aktifitas yang akan kita lakukan. Amin





                                                                         WAKA HUMAS
                                                                                        



BAB I
PENDAHULUAN

Wakil Madrasah bidang humas adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar, karena nilai jual, opini masyarakat dan respon masyarakat terhadap sebuah lembaga pendidikan tergantung dari seberapa mampu seorang waka humas berperan dalam mempromosikan lembaga pendidikan tersebut kepada masyarakat. Jika dalam sebuah perusahaan, maka waka humas adalah seorang manajer pemasaran atau marketing dalam perusahaan. Nilai soliditas yang akhirnya mampu menjadi nilai rentabilitas dan likuiditas sebuah perusahaan tergantung dari seberapa besar kekuatan seorang manajer pemasaran mampu menyakinkan pelanggan tentang kualitas perusaan yang menjadi tanggung jawabnya..
Untuk bisa meyakinkan kepada pelanggan, maka seorang manajer pemasaran atau marketing harus mampu memahami sebuah produk unggulan dalam perusahaannya yang tidak dimiliki oleh perusahaan yang lain. Begitu juga di MAN 1 Gresik, jika MAN  Gresik hanya megandalkan status NEGERI yang disandangnya, maka hal itu bukan lagi menjadi produk unggulan yang perlu dibanggakan , karena di wilayah Gresik utara sudah ada banyak sekolah negeri yang sama – sama memiliki pangsa pasar yang fanatik berdasarkan letak wilayah maupun  berdasarkan keyakinan dan penilaian tertentu terhadap sebuah lembaga pendidikan.
Keberadaan MAN 1 Gresik di wilayah utara kota Gresik sebenarnya secara geografis sangat menguntungkan karena daerah Gresik merupakan daerah yang masih agamis dan banyaknya pondok-pondok pesantren  yang juga merupakan sumbangsih terbesar terhadap input siswa MAN 1 Gresik. Akan tetapi itu juga merupakan peluang dan tantangan yang di hadapi MAN 1 Gresik karena pondok-pondok pesantren yang ada di wilayah Gresik utara,  mayoritas juga dilengkapi dengan lembaga pendidkan formal yang secara kualitas juga sepadan dengan MAN 1 Gresik.
Melihat peluang dan tantangan yang dihadapi MAN 1 Gresik  ( Sebagaimana analisa SWOT dalam lampiran ) maka yang menjadi produk unggulan dari MAN 1 Gresik adalah adanya program ketrampilan ( meskipun saat ini September 2015 payung hukum masih belum jelas ) dan adanya Pondok Pesantren Al-Hikmah. Untuk Pondok Pesantren Al-Hikmah, saat ini sudah ada program hafalan Al-Qur’an dan program pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan adanya kedua program tersebut, maka diharapkan santri lulusan pondok pesantren Al-Hikmah mampu dan dapat bersaing dengan santri dari Pesantren yang lain dalam menempatkan dirinya dalam perguruan tinggi negeri yang berkualitas nantinya.
Keberhasilan MAN 1 Gresik dalam meyakinkan masyarakat dan menciptakan lulusan yang berkualitas tentunya Keterlibatan guru, pegawai dan  keluarga besar MAN 1 Gresik  serta masyarakat yang peduli akan pendidikan. Adanya kerjasama dari berbagai pihak itulah yang akan mampu menciptakan siswa dan siswi MAN 1 Gresik agar sesuai dengan visi MAN 1 Gresik yaitu terciptanya manusia yang Islami, Cerdas, Unggul, Kompetitif dan Peduli Lingkungan. Dengan terwujudnya siswa siswi MAN 1 Gresik yang sesuai dengan visi yang ada, maka pada  akhirnya masyarakat  juga akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dengan adanya madrasah yang berada dilingkungannya.
Dalam hal ini wakil kepala madrasah bidang  HUMAS  sebagai perantara hubungan dengan masyarakat tidak mungkin dapat bekerja sendiri tanpa ada kerja sama dengan berbagai pihak. Humas  adalah menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak baik didalam lingkungan madrasah maupun masayarakat luar. Bagaimanapun juga madrasah tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana madrasah tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina, sumbangan dan santunan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu, adanya musibah, kematian dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya terus dibina sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh madrasah.
Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat seperti RT, RW dan Kepala desa sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian maka akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan MAN 1 Gresik.

Perlu adanya kerjasama yang baik dengan  komite madrasah untuk mencari solusi-solusi yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan termasuk juga menggalang dana,  untuk menunjang program madrasah yang telah disepakati bersama dalam rapat-rapat Komite. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan komite madrasah, maka orang tua siswa yang ada tidak akan merasa terbebani dengan pembiayaan madrasah dalam upaya peningkatan kualitas dan fasilitas yang nantinya akan benar-benar mampu menghasilkan  lulusan yang sesuai dengan visi dan misi MAN 1 Gresik.
Selain itu kerjasama dengan Perguruan-perguruan tinggi  terutama yang berstatus negeri juga perlu ditingkatkan, tidak hanya dalam bentuk studi kampus, tetapi yang terpenting adalah partisipasi dalam setiap efent lomba atau olimpiade mata pelajaran. Karena sertifikat bukti kejuaraan yang diraih siswa dalam kegiatan olimpiade sangat berguna bagi siswa untuk sukses dalam menembus jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Tetapi disinilah perlunya peran serius guru mata pelajaran untuk membimbing siswa dan siswinya dalam penguasaan materi-materi pelajaran agar bisa menembus hasil juara dalam setiap kegiatan olimpiade. Dalam setiap kampus negeri pasti juga memiliki Lembaga Pengabdian Masyarakatnya, maka MAN 1 Gresik harus mampu mengenali fasilitas apa yang dimiliki oleh kampus negeri tersebut  yang bisa diterapkan di MAN 1 Gresik. Dengan adanya berbagai kerjasama tersebut, maka MAN 1 Gresik akan dikenal dan diakui oleh kampus-kampus negeri yang nantinya akan memudahkan siswa dan siswi dalam melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.
 Kerjasama yang terpenting juga perlu dijalin dengan beberapa perusahaan yang ada disekitar Gresik utara. Hal ini bukan sesuatu yang sulit karena Gresik utara saat ini sudah banyak perusahaan baik kecil, menengah maupun besar. Tetapi tantangan yang dihadapi pendidik di MAN 1 Gresik adalah bagaimana bisa menyiapkan siswa dan siswi agar memiliki keahlian seperti yang dibutuhkan dalam perusahaan yang ada. Apalagi pada tanggal 23 Agustus 2015 telah terjadi MOU antara menteri agama, menteri perekonomian dan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang salah satu pasalnya adalah perusahaan yang ada diwilayah Gresik Utara harus menyediakan 10% tenaga kerjanya dari madrasah aliyah. Hal ini adalah peluang tetapi juga tantangan besar buat madrasah aliyah. Bisakah Madrasah Aliyah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas agar tercipta sebuah kenyataan jika peruhasaan yang ada menerima pegawai dari siswa MAN bukan merupakan suatu kewajiban tetapi merupakan suatu kebutuhan karena kualitas spesifikasi yang dimiliki oleh lulusan MAN.  Melihat kenyataan yang ada itulah maka pola pembelajaran ketrampilan pada madrasah aliyah harus bisa membekali siswa dan siswinya agar memiliki skill yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tidak hanya terpaku pada pola pembelajaran lama yang selalu dilestarikan tetapi tidak melihat perkembangan teknologi yang ada. Hal ini sangat penting karena masih belum bisa 100% siswa lulusan MAN 1 Gresik melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.
Beberapa kerjasama dengan berbagai elemen dan lembaga yang ada dalam masyarakat sangat perlu dilakukan karena untuk menjawab amanah besar yang diberikan wali siswa kepada MAN 1 Gresik. Wali siswa memiliki tuntutan yang besar terhadap Lulusan sekolah lanjutan atas karena pada usis 17-18 tahun itulah anak sudah saatnya terjun dan hidup dimasyarakat. Kita sebagai pemegang amanah tersebut harus benar-benar bertekad mewujudkan amanah tersebut agar  lulusan MAN 1 Gresik diharapkan mampu menjadi manusia bermakna dalam kehidupan bermasyarakat. “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain “













BAB II
PROGRAM KERJA

Beberapa program kerja waka HUMAS periode 07 Agustus – 09 September 2015 sebagai berikut :
1.    Pembuatan Blog HUMAS MAN 1 Gresik
Pembuatan blog lilik-isma.blogspot.com yang link dengan websitenya MAN 1 Gresik www.man-gresik.sch.id dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat luar mengetahui dengan detail apa yang ada di MAN 1 Gresik.
Pembuatan blog dimulai pada hari Kamis, 6 Agustus 2015 dan selama bulan Agustus telah terdapat 17 posting, sedangkan di bulan September ada 2 posting.
Adapun postingan yang ada sebagai berikut :
1)     Tanggal 5 Agustus 2015              : Cuplikan artikel yang telah diterbitkan majalah berIMAN.
2)     Tanggal 5 Agustus 2015              : Prestasi siswa siswi MAN 1 Gresik dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang diselenggarakan pemerintah daerah kabupaten Gresik.
3)     Tanggal 06 Agustus 2015            : MOPDB di MAN 1 Gresik
4)     Tanggal 08 Agustus 2015            : Peringatan hari kemerdekaan yang diadakan oleh OSIS.
5)     Tanggal 11 Agustus 2015            : Pondok Pesantren Al-Hikmah
6)     Tanggal 13 Agustus 2015            : Kunjungan dari BAPPENAS
7)     Tanggal 14 Agustus 2015            : Peringatan hari pramuka
8)     Tanggal 14 Agustus 2015            : Pelaksanaan WorkShop pendampingan K-13 bagi guru.
9)     Tanggal 17 Agustus 2015            : Peringatan proklamasi kemerdekaan
10)   Tanggal 18 Agustus 2015            : Tentang kegiatan MAN 1 Gresik di tanggal ini ( adanya lomba kemerdekaan dan workshop pendampingan K-13 )
11)   Tanggal 20 Agustus 2015            : Tentang kegiatan MAN 1 Gresik di tanggal ini
12)   Tanggal 23 Agustus 2015            : Tentang kegiatan MAN 1 Gresik di tanggal ini
13)   Tanggal 24 Agustus 2015            :  Kegiatan pengembangan diri
14)   Tanggal 27 Agustus 2015            : Kegiatan jumat peduli lingkungan
15)   Tanggal 28 Agustus 2015            : Program ketrampilan
16)   Tanggal 30 Agustus 2015            : Prestasi Laspraja MAN 1 Gresik dalam tembak PMR 2015
17)   Tanggal 31 Agustus 2015            : Beasiswa Hafal Al-qur’an
18)   Tanggal 02 September 2015       : Program ketampilan di MAN 1 Gresik
19)   Tanggal 07 September 2015       : Kegiatan upacara rutin hari Senin dengan pembina upacara Kapolsek Bungah.
2.    Mengirim delegasi lomba
Delegasi lomba sebagai berikut :
1)    Lomba yel-yel                          : Berhasil sebagai juara 1
2)    Lomba duta lingkungan            : Berhasil sebagai juara 2 ( M Elfat Ibrahim )
Dalam rangka memperingatai hari lingkungan hidup sedunia yang diadakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Gresik
3)    Lomba PMR dalam tembak 2015
Dengan hasil sebagai berikut :
a)         Juara 1 Duta temu bakti PMR 2015 oleh M Elfat Ibrahim
b)         Juara 2 Duta temu bakti PMR 2015 oleh Widatul Mila
c)         Juara 1 melukis oleh Widatul Mila
d)         Juara 2 Ayo Siaga Bencana
e)         Juara 1 Pendidikan Remaja Sebaya
f)          Juara 1 Pertolongan Pertama
g)         Juara 1 Ayo Siaga Bencana
h)         Juara 2 Pendidikan Remaja Sebaya
i)          Juara 2 Pertolongan Pertama
j)          Juara 3 pentas seni
k)         Juara 1 pameran jajanan tradisional
l)          Juara 2 cerdas cermat
m)       Juara 3 cerdas cermat
4)    Lomba peringatan bulan bahasa yang diselenggarakan oleh UINSA pelaksanaan di koordinir Ibu Durrotun Hasanah,S.Ag
( Belum terlaksana )
5)    Lomba gerak jalan tradisional  : Berhasil sebagai juara 1 tim putri
6)      Lomba karya tulis ilmiah “kenakalan remaja vii” se-jawa, bali, lombok tahun 2015 dengan judul  :
KOTAK P3K (KOMUNITAS WANITA BIJAK PEDULI PEROKOK PASIF KREATIF) SEBAGAI GERAKAN CERDAS MENURUNKAN BUDAYA MEROKOK DI KALANGAN REMAJA MAN 1 GRESIK
( masih dalam proses pengiriman naskah )
7)    Lomba karya tulis ilmiah dengan tema “ Pengembangan Sumber Daya Perikanan dan kelautan dalam rangka meningkatkan daya saing AFTA 2015”   yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan universitas Airlangga.
( proses pembuatan naskah )





3.    Pembuatan Kalender
Dengan mengambil tema dalam tiap lembarnya sebagai berikut :
1)     Lembar pertama         : Pimpinan, komite dan guru pegawai
2)     Lembar kedua             : Kegiatan madrasah
3)     Lembar ketiga             : Prestasi madrasah
4)     Lembar keempat         : Fasilitas
5)     Lembar kelima                        : OSIS dan Pengembangan Diri
6)     Lembar keenam          : Ketrampilan dan pondok pesantren

Dalam pembuatan kalender ini  dibuat 2 model kalender :
1)    Kalender dinding
·         ukuran 40 cm X 60 cm
·         Kertas Art Carton 210 gram
·         Pemesanan sebanyak 1.000 lembar
·         Harga Rp 15.000/ lembar  dengan cash back Rp 1.000/ lembar
·         Kalender ini dibagikan kepada semua guru dan pegawai juga siswa dan siswi MAN 1 Gresik. Juga diberikan pada lembaga publik seperti rumah makan, Masjid, Musholla, kantor pemerintahan dan lain-lain
2)    Kalender meja
·         Pemesanan 200 lembar
·         Harga Rp 20.000/ lembar 
·         Kalender ini berikan kepada sekolah SMP dan MTs dengan memberikan sejumlah kelas IX yang dimiliki sekolah tersebut dengan tujuan diletakkan pada meja guru di kelas IX

Harga tersebut oleh percetakan :
COMBI PRIMA
Cp : Bapak Taufik 0857 7488 5625 dan 081 232 970 141
( belum terlaksana )

4.    Pengiriman surat permohonan kepada PTN
Hal ini diberikan kepada kampus negeri yang telah memberi kesempatan kepada siswa MAN 1 Gresik untuk masuk melalui jalur SNMPTN periode 2015 – 2016 tetapi siswa tersebut tidak masuk dalam kesempatan yang diberikan.
Kampus tersebut adalah :



1)    Universitas Negeri Surabaya ( UNESA )
·         Ahmad Hamzah
·         Puput Nur Hidayah
2)    Politeknik Elektronika Surabaya ( PENS )
·         Kafita Krisnatul
3)    UIN Walisongo Semarang
·         Amrina Rosyada
·         Ellina Dwi Fanning Zun
·         Fahmiya Ayu Lestari
4)    UIN Sunan Ampel Surabaya ( UINSA )
·         Ika Zulkafika Mahmudah
·         Nurul Izzah
·         M Riza Alfianuddin
·         Laili Qurrotul uyun
·         Agung Ilham Affaruddin
( sudah terlaksana )

5.    Bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat
Kerjasama ini dilakukan dengan kampus negeri misalnya dalam hal pelatihan pembuatan tanaman hidroponik atau yang lainnya
( belum terlaksana )

6.    Bekerjasama dengan PT Petro Kimia / PT Semen Gresik
Kerjasama ini dalam hal pemanfaatan sampah organik dan pengilahan sampah non organik.
( belum terlaksana )

7.    Promo ke SMP dan MTs
Bekerjasama dengan OSIS MAN 1 Gresik mengadakan serangkaiann kegiatan lomba
·         Memperingati bulan bahasa
·         Kompetisi olah raga
·         Lomba poster ( hari lingkungan hidup )
·         Try Out ujian nasional
·         Dll
( belum terlaksana )




PENUTUP


      Demikian laporan ini kami buat, krirtik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan pada program kerja WAKA HUMAS selanjutnya.

Semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan pada  kegiatan yang direncanakan pada tahun-tahun berikutnya , sehingga semua rencana kedepan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mendapat ridloNya dan bermanfaat bagi kita semua. Amin








         Gresik, 09 September 2015

Mengetahui,                                                             WAKA HUMAS
Kepala MAN Gresik


Drs. H ABD JALIL,M.Pd.I                                       LILIK ISMAWATI,S.Pd
           NIP. 196604072000031001                                     NIP. 19751108 200710 2 001


















LAMPIRAN – LAMPIRAN

Terdiri dari :
1.    Program kerja WAKA HUMAS
2.    Jadwal dan nilai kegiatan pengembangan diri
3.    Pelaksanaan kegiatan WAKA HUMAS
4.    Penggunaan dana WAKA HUMAS
5.    Penggunaan dana sosial WAKA HUMAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI SANTRI BARU MA'HAD AL-HIKMAH MAN 1 GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Berdasarkan seleksi administrasi dan nilai portofolio dalam seleksi santri baru Ma’had Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2020-2021, maka yang di nya...