Pada hari Sabtu, 20 Pebruari 2016 MAN 1 Gresik telah mengukir prestasi dalam Bisnis Plan Competition yang di adakan oleh Himpuan Mahasiswa Manajemen Fakultas Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik. Dalam Grand Final terdapat 6 kontestan yang mempresentasikan hasil karyanya di WEP ( Wahana Ekspresi Poesponegoro ).
Penampilan tim MAN 1 Gresik yang terdiri dari: 1. Gilang Kanzul (XII IS-1) 2. Ayu Setya Ningsih (XI IS-1) 3. Dwi Putri Rahayu (XI IS-1)
Anggota kelas XI IS-1 yang dengan penuh semangat memberikan dukungan berupa yel-yel yang dikomandani oleh Ade Irma Suryani
Alhamdulillah, akhirnya berhasil menjadi Juara II dalam Bisnis Plan Competition
Untuk suporter berhasil meraih juara I dalam lomba yel-yel
Adapun produk yang ditawarkan oleh tim Bisnis Plan MAN 1 Gresik sebagai berikut,
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saos
adalah sebuah penyedap yang sudah tak
asing lagi di masyarakat Indonesia . Produk yang identic
dengan warna merah ini banyak di gemari oleh berbagai usia. Saos banyak di
konsumsi untuk teman makan pentol, penyedap dalam mie ayam dan pewarna dalam
nasi goreng . Hal itu menjadikan tingkat konsumsi saos di masyarakat semakin
meningkat, membuat produsen harus dengan sigap mengatasi jumlah permintaan yang
terus meningkat. .
Fenonemna tersebut membuat
beberapa produsen saos harus bermain nakal untukmendaptkan keuntungan dengan
maraknya saos ataupun sejenisnya yang
mennggunakan bahan yang tidak layak makan atau mengandung berbagai zat
berbahaya yang sangat fatal bila di konsumsi oleh manusia, sedangkan masyarakat
Indonesia sendiri sangat menyukai saos sebagai
pelengkap makanan ataupun untuk bahan
masakan.
Kami sebagai generasi penerus bangsa ingin membuat
inovasi baru “Zalacca Soy Souce” yakni sebuah saos yang berbahan dasar
salak segar yang banyak di jumpai di daerah kami . Selain
rasa manis dan asin kami juga menawrkan berbaga macam varian rasa yang tentunya
sehat dan higenis.
1.2
Visi dan Misi
Visi :
Menyajikan inovasi saos baru
berbahan dasar salak segar yang sehat
dan berkualitas.
Misi :
1. Menyediakan produk dari bahan buah segar yang
bergizi.
2. Menyediakan produk
yang sehat untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dari
makanan yang membahayakan.
3. Menyediakan produk yang berkualitas untuk mencerdaskan generasi penerus
bangsa.
1.3
Tujuan
- Mendapatkan keuntungan
- Memperoleh pengalaman yang berharga dalam berwirausaha .
- Memanfaatkan bahan di sekitar
untuk menjadi produk yang bernilai jual tinggi
.
1.4 Manfaat
·
Bagi Diri Sendiri :
1.
Mengaplikasikan teori kewirausahaan yang di dapat di bangku sekolah.
2.
Menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan
sekolah.
3.
Menambah pengalaman dalam bidang kewirausahaan.
·
Bagi sekolah :
1. Membantu siswa untuk mendapatkan makanan yang sehat
dan berkulitas dengan bahan dasar
yang mudah di dapat.
2. Menyedikan produk dengan harga yang
mampu dijangkau oleh pelajar dan masyarakat sekitar.
·
Bagi masyarakat :
1.
Menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi
pengangguran.
2. Memudahkan masyarakat untuk mendapatkan saos yang harganya semakin mahal di pasaran.
3.
Mengurangi tingkat konsumsi masyarakat terhadap
penggunaan saos yang tidak sehat .